Tutorial Install WordPress Dengan Localhost + Gambar - Cara Jodi Blog

Tutorial Install WordPress Dengan Localhost + Gambar

carajodi.blogspot.com

Tutorial Install WordPress Dengan Localhost - Pasti tau dong WordPress itu apa. Iya kan? Untuk mengakses atau membuat blog di wordpress, kita bisa ke wordpress.com. Tetapi untuk mengakses wordpress (mencari tema, plugin, download file, dll) kita bisa ke wordpress.org. Memang, belum banyak yang tau dari perbedaan wordpress tersebut. Tapi dikesempatan ini, Jodi akan mengajarkan install wordpress dengan localhost, bukan menjelaskan perbedaan secara detil wordpress.com maupun wordpress.org.

Sebelum melanjutkan tutorial, untuk apasih wordpress offline ini? Jawabannya sederhana, untuk melatih menggunakan wordpress online (wordpress.com). Melatihnya bisa melatih edit tampilan websitenya (theme), menginstall plugin dan mengetahui fungsi-fungsinya, membuat content/artikel yang unik, dan melatih lainnya yang ada di wordpress online (wordpress.com).

Nah udah tau kan fungsinya? Sekarang, tertarik menginstallnya? Yuk, kita simak-simak sama cara install wordpress dengan localhost yang CaraJodi sajikan di bawah ini.

Yang perlu disiapkan

1. File wordpress. Dapat diunduh di https://wordpress.org/download/
2. Localhost. Sebagai contoh Jodi menggunakan XAMPP

Setelah yang dibutuhkan disiapkan, selanjutnya kita praktekan caranya. Berikut langkah-langkah install wordpress dengan localhost.

1. Setelah teman mendownload localhost atau sudah mempunyai localhost. Selanjutnya bisa teman buka. Sebagai contoh, menggunakan XAMPP: Buka XAMPP (localhost), setelah itu start Apache dan juga MySQL

2. Dan selanjutnya, kalo teman sudah mendownload file wordpress, teman bisa copy lalu paste file wordpress yang telah di download ke dalam: xampp >> htdocs


3. Kalo localhost udah dibuka, dan file wordpress udah di copy-paste, selanjutnya buka browser kamu, sebagai contoh Google Chrome. Lalu masukkan pada address bar: localhost/wordpress. Maka tampilannya akan seperti ini:

carajodi.blogspot.com
gambar 1.1

4. Sebelum masuk ke tahap berikutnya, kita buat terlebih dahulu database dan juga user & passwordnya. Langsung saja kita buka tab baru, lalu masukkan pada address bar: localhost/phpmyadmin. Untuk cara buatnya, teman bisa melihat gambar di bawah ini:

carajodi.blogspot.com
gambar 1.2

carajodi.blogspot.com
gambar 1.3

carajodi.blogspot.com
gambar 1.4

Kalo database, user & password telah dibuat. Kita bisa kembali ke tab wordpress tadi. Selanjutnya, klik Let's go! agar masuk ke tampilan setup config wordpress.

5. Setelah teman klik Let's go! maka akan otomatis ke halaman setup config. Di halaman tersebut, kita perlu mengisikan database name, user & password. Untuk database host dan table prefix tidak perlu diubah lagi. Untuk melihat contohnya, teman bisa melihat gambar 1.5 di bawah ini:

carajodi.blogspot.com
gambar 1.5

6. Pada halaman setup config, ktia perlu klik submit untuk proses pendaftaran berikutnya. Setelah teman klik submit, teman akan dibawa ke halaman setup config step2. Di sana, teman dapat langsung klik Run the install, yang gunanya untuk menginstall file-file wordpressnya. Setelah proses penginstallan selesai, teman akan dibawa ke halaman berikutnya, yang dimana teman diminta mengisikan informasi dari website yang teman buat. Perhatikan gambar 1.6 dan juga gambar 1.7.

carajodi.blogspot.com
gambar 1.6

carajodi.blogspot.com
gambar 1.7

7. Setelah memasukkan informasi website, teman bisa klik Install wordpress. Eitt perlu diperhatikan , sebelum menginstall, pastikan formulir terisi semua. Karena, jika tidak terisi satu pun, wordpress tidak akan terinstall dan akan meminta teman untuk mengisi formulir dengan benar. Yup, setelah klik Install Wordpress, maka kamu akan dibawa ke halaman Success! dan kamu bisa langsung log in.

carajodi.blogspot.com
gambar 1.8

Selesai! Teman bisa langsung log in menggunakan akun teman. Mudah, bukan, install wordpress dengan localhost? Hehehe.. Dengan hal ini, teman dapat mempelajari WordPress lebih dalam lagi :D selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Install WordPress Dengan Localhost + Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel